Ketegangan Antara Iran dan Amerika Serikat

Iran menggelar latihan tempur angkatan laut di perairan Samudera hindia. Latihan ini disinyalir digelar sebagai imbas dari ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat pasca Presiden Donald Trump menempatkan Teheran dalam daftar kewaspadaan.

Latihan tahunan Iran akan diselenggarakan di Selat Hormuz, Teluk Oman, Bab el-Mandab dan bagian utara Samudera Hindia. Seperti dikutip Reuters, Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan latihan tempur itu digelar untuk simulasi dalam memerangi terorisme dan pembajakan.

Kapal perang, kapal selam dan helikopter akan ambil bagian dalam latihan di area seluas sekitar 2 juta kilometer persegi (772.000 mil persegi) dan marinir akan menunjukkan keahlian mereka sepanjang pantai tenggara Iran.

Wilayah selat Hormuz, menjadi jalur perdagangan strategis antara wilayah timur tengah dan eropa.  Jutaan barel minyak diangkut setiap hari ke Eropa, Amerika Serikat dan Asia melalui Bab el-Mandab dan Selat Hormuz, jalur laut yang melintas di sepanjang pantai Yaman dan Iran.

Armada kelima angkatan laut Amerika Serikat bertanggung jawab untuk melindungi jalur pelayaran di teluk dan perairan di dekat Selat Hormuz.

Bulan lalu, sebuah kapal perusak angkatan laut Amerika Serikat  melepaskan tembakan peringatan di empat kapal cepat milik Iran yang mendekat dengan kecepatan tinggi.

Hubungan antara Iran dan Amerika Serikat kembali memans pasca terpilihnya Presiden Donald Trump.  Sejak menjabat bulan lalu, Trump berjanji untuk bersikap tegas kepada negeri para Mullah itu. Trump memperingatkan Iran sedang bermain api dengan Amerika pasca uji coba rudal balistik pada 29 januari lalu. Trump mengancam akan memberikan sanksi baru kepada Iran. 


Blog, Updated at: 13.02

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts