Asas Dan Tujuan Dibentuknya Asean

Asas ASEAN :


Dalam keanggotaan, ASEAN menganut asas keanggotaan terbuka. ASEAN memberi kesempatan kepada negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara untuk melakukan kerjasama, seperti Timor Leste dan Papua Nugini. ASEAN terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok, di dalamnya memual hal-hal berikut ini.

1) Adanya kepentingan dan masalah-masalah di kalangan bangsa-bangsa Asia Tenggara dalam rangka memperkokoh solidaritas regional dan kerjasama yang ada.
2) Atas dasar jiwa persamaa dan persekutuan sehingga memberikan sumbangsih terwujudnya perdamaian, kemajuan, dan kemakmuran di wilayah Asia Tenggara.
3) Untuk mewujudkan cita-cita perdamaian, kemerdekaan, keadilan sosial, dan didasarkan pada keterikatan sejarah dan kebudayaan.
4) Memikul tanggung jawab bersama untuk mewujudkan mantapnya stabilitas ekonomi dan sosial demi terjaminnya cita-cita rakyat dan bangsa masing-masing.
5) Semua pangkalan asing di kawasan Asia Tenggara bersifat sementara dan tidak dimaksudkan secara langsung atau tidak langsung untuk kemerdekaan dan kebebasan nasional dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Tujuan ASEAN :

ASEAN merupakan organisasi regional, yaitu di wilayah Asia Tenggara yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, budaya serta tidak bersifat politik dan militer. ASEAN dalam melaksanakan kegiatannya memiliki tujuan bersama berdasarkan Deklarasi Bangkok, seperti dibawah ini.

1) Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
2) Memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan saling menghormati keadaan dan tata tertib hukum dalam hubungan antar wilayah di kawasan Asia Tenggara.
3) Meningkatkan kerjasama secaa aktif dalam bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik ilmu pengetahuan, dan administrasi.
4) Saling memberikan bantuan dalam bentuk fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian dalam sektor pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi.
5) Bekerjasama lebih efektif dalam bidang pertanian, industri, perdagangan, jasa, dan komunikasi untuk meningkatkan taraf hidup.
6) Memelihara kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional.


Blog, Updated at: 17.54

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts